Minggu, 12 Februari 2012

Kerajinan Tekstil Teknik Sablon

Sablon
( Screen Printing )

A. Pengertian Sablon
Sablon yang dalam Bahasa Inggris adalah screen printing adalah salah satu teknik membuat gambar atau tulisan dengan mencetak dengan alat bukan mesin. Cetakan yang digunakan dapat terbuat dari bahan kertas, plastic, plat logam, maupun saringan cat. Dalam perkembangannya sablon yang paling popular adalah yang menggunakan alat berupa saringan, sehingga muncullah istilah cetak saring.
Cetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar (screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasar nylon atau sutra. Sebagian dari layar ini kemudian diberi pola yang salah satunya berasal dari negatif desain / klise yang dibuat sebelumnya. Kain ini direntangkan dengan kuat agar menghasilkan layar dan hasil cetakan yang datar. Setelah diberi fotoresis/ zat kimia peka cahaya dan disinari, akan terbentuk bagian-bagian saringan tidak tertutup dan tertutup yang bisa dilalui tinta dan tidak.
Proses eksekusinya adalah dengan menuangkan tinta di atas layar dan kemudian disapu menggunakan palet atau rakel yang terbuat dari karet. Satu layar digunakan untuk satu warna.

B. Desain dan Klise Sablon
Desain sablon dapat dibuat dikertas atau langsung digambar pada screen/saringan. Selain itu juga dapat didesain dengan sarana computer kemudian dicetak menggunakan printer jenis laser menggunakan kertas HVS tipis atau kertas kalkir. Atau bisa juga dicetak pada kertas agak tebal kemudian gambar dipotong-potong dan disusun kembali di atas permukaan screen.
Selanjutnya download Kerajinan Tekstil Teknik Sablon

2 komentar:

kerajinan kuningan mengatakan...

kerajinan logam, teknik pembuatan suatu produk di dasari keprofesionalisme si sdm. dan meningkatkan kualitas mutu kerajinan membuat produk jadi berdaya jual tinggi:
kerajinan kuningan

fajarul kholidah mengatakan...

pak, kok setelah di download gak bisa dibuka ya???