Minggu, 12 Februari 2012

Kerajinan Kayu Teknik Raut dan Ukir

A. Raut dan Ukir Kayu
Setiap usaha mengubah bentuk material kayu dengan mengurangi sebagiannya sehingga tercipta bentuk yang baru dapat disebut mengukir. Mengerok / mengerik kayu dengan batu, pisau, kapak, pahat dan sebagainya yang mengakibatkan berubahnya bentuk kayu adalah proses mengukir. Jadi mengukir bukanlah monopoli pekerjaan tukang ukir di Jepara atau Bali dengan pahat ukirnya yang khas.
Membahas kerajinan ukir kayu tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Jepara di Jawa dan masyarakat Bali dengan tradisinya yang rumit.
LEGENDA
Dikisahkan seorang ahli seni pahat dan lukis bernama Prabangkara yang hidup pada masa Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit, pada suatu ketika sang raja menyuruh Prabangkara untuk membuat lukisan permaisuri raja sebagai ungkapan rasa cinta beliau pada permaisurinya yang sangat cantik dan mempesona.
Lukisan permaisuri yang tanpa busana itu dapat diselesaikan oleh Prabangkara dengan sempurna dan tentu saja hal ini membuat Raja Brawijaya menjadi curiga karena pada bagian tubuh tertentu dan rahasia terdapat tanda alami/khusus yang terdapat pula pada lukisan serta tempatnya/posisi dan bentuknya persis. Dengan suatu tipu muslihat, Prabangkara dengan segala peralatannya dibuang dengan cara diikat pada sebuah layang-layang yang setelah sampai di angkasa diputus talinya.
Dalam keadaan melayang-layang inilah pahat Prabangkara jatuh di suatu desa yang dikenal dengan nama Belakang Gunung di dekat kota Jepara. Di desa kecil sebelah utara kota Jepara tersebut sampai sekarang memang banyak terdapat pengrajin ukir yang berkualitas tinggi. Namun asal mula adanya ukiran disini apakah memang betul disebabkan karena jatuhnya pahat Prabangkara, belum ada data sejarah yang mendukungnya.

SEJARAH
1. Pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat, terdapat seorang patih bernama Sungging Badarduwung yang berasal dari Campa (Kamboja) ternyata seorang ahli memahat pula. Sampai kini hasil karya Patih tersebut masih bisa dilihat di komplek Masjid Kuno dan ....
Selanjutnya download Kerajinan Kayu Teknik Ukir dan Raut

1 komentar:

kerajinan tembaga mengatakan...

ahli seni sangat di butuhkan untuk membuat dan mengajarkan teknik pembuatan suatu produk kerajinan. pengrajin tembaga boyolali dapat di lihat kerajinan tembaga