Minggu, 12 Februari 2012

Kerajinan Tekstil Teknik Rajut dan Renda

Rajut dan Renda
                Rajut dan renda adalah sebagian dari teknik membuat kerajinan tekstil dari bahan benang atau tali. Selain rajut dan renda kerajinan tekstil berbahan benang dan tali ada beberapa teknik pembentukan antara lain : Makrame (anyam tali kur), Bordir (dengan mesin bordir), sulam (menggunakan pemidangan maupun tidak), tenun (dengan mesin tenun), kruistik (tusuk silang) dan sebagainya.
Perbedaan Knitting dan Corchet
                Banyak orang yang sering keliru membedakan antara ‘merajut’ (knitting) dan ‘merenda / menusuk’ (crochet). Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan jika Anda berencana untuk belajar merajut secara serius, karena istilah knitting dan crochet merujuk kepada dua jenis keterampilan dan karya yang tidak bisa dipertukarkan. Jika Anda melakukan knitting, tentu hasilnya akan berbeda dengan jika melakukan crotchet. Jadi, pahami benar perbedaan antar keduanya antara knitting dan crochet.
                Renda (dari bahasa Portugis: renda, knitting/Inggris) adalah kerawang (biku-biku) dibuat dari benang dirajut yang biasa dipasang di tepi baju, kain, bantal dan sebagainya mengunakan jarum berbentuk seperti paku panjang dari bahan kayu, plastik, maupun logam.
                Knitting menggunakan dua buah jarum, baik itu jarum lurus maupun jarum melengkung (yang memiliki kabel di tengahnya) dan disebut breien, sementara crochet hanya menggunakan sebuah jarum dengan ujung berbentuk melengkung yang disebut hakpen.
                Hasil dari knitting biasanya terasa lentur dan lebih lembut serta mudah dilipat, karena benang-benangnya lebih renggang lantaran Anda menggunakan dua buah jarum untuk melakukannya. Sebaliknya, hasil crochet terasa agak kasar dan kaku karena jarum yang digunakan hanya satu sehingga benang-benang yang dirangkai bersama terikat lebih banyak.
                Knitting biasanya berujung pada menghasilkan barang seperti baju rajut, sweater rajut, taplak, sarung tangan dan syal, namun crochet penggunaannya agak terbatas karena bentuknya yang masih kasar dan terasa kaku, walaupun crochet bermutu sebenarnya sama bagusnya dengan hasil knitting.
                Variasi knitting ada pada model rajutannya, dimana benang dimodifikasi dengan menggunakan jarum sehingga akan membentuk pola. Sebaliknya, crochet banyak menggunakan teknik yang disebut dengan teknik tusuk.
                Teknik knitting sejauh ini terhitung jauh lebih populer walaupun lebih rumit. Hal ini karena, selain hasilnya lebih halus, teknik knitting lebih memungkinkan Anda untuk menciptakan berbagai jenis barang dan berkreasi dengan lebih bebas. Akan tetapi, belakangan ini crochet mulai mendapat perhatian, terutama karena crochet bisa digabungkan dengan mulus ke barang rajutan (knitted goods), misalnya bunga crochet pada tas hasil knitting.
                Dalam perkembangannya muncul dua istilah yaitu amigurumi dan yubiami. Amigurumi  berasal dari dua kata yaitu ami yang artinya merenda atau merajut dan nuigurumi artinya boneka.  Jadi Amigurumi adalah boneka yang terbuat dari rajutan. Bisa juga disebut seni membuat boneka kecil yang diisi atau kita sebut stuffed doll yang berasal dari Jepang. Sedangkan Yubiami berasal dari bahasa Jepang, yaitu berasal dari kata yubi dan amu. Yubi berarti tangan dan amu berarti anyaman. Jadi, yubiami berarti seni merajut benang dengan jari tangan. Hanya dengan benang dan jari tangan, kita bisa menghasilkan berbagai kreasi rajut yang menawan. Misalnya syal, topi, slipper, dan boneka.

Berbagai Manfaat Merajut

Manfaat Psikologis Merajut

                Salah satu manfaat utama merajut yang sudah diakui adalah melepaskan stres dan menenangkan pikiran, hampir sama dengan meditasi. Hal itu karena merajut adalah aktifitas yang memerlukan konsentrasi tinggi, plus gerakan berulang-ulang dari gerakan menjalin dan menusukkan benang. Kombinasi ini kemudian menimbulkan rasa rileks dan membantu Anda mengurangi kemarahan, kecemasan dan stres.

                Selain itu, aktifitas
merajut yang ditekuni hingga seseorang mampu menciptakan sesuatu bukan hanya akan merangsang kreatifitas, namun juga memberikan rasa puas dan produktif yang akhirnya berujung pada kebahagiaan batin yang lebih besar (apalagi kalau Anda bisa menghadiahi orang lain dengan hasilnya, atau menjualnya).

Manfaat Medis Merajut

            Ternyata, manfaat merajut tak berhenti hingga ke manfaat psikologis. Baru-baru ini, disimpulkan bahwa merajut merupakan salah satu aktifitas yang baik untuk menurunkan resiko kepikunan (dementia) dan Alzheimer. Hal ini karena, dalam aktifitas merajut, otak Anda dipaksa untuk aktif terus sehingga tidak mudah terkena penyakit degeneratif seperti dementia.

Merajut juga memberikan efek yang baik bagi mata, yaitu mengurangi ketegangan yang diakibatkan oleh terlalu banyak menatap layar terutama layar perangkat seperti komputer atau laptop. Warna-warni benang yang lembut dan sederhana membuat mata terasa lebih ‘lega’ saat melihatnya dan memalingkan wajah sejenak dari komputer.

A.        Produk Rajutan
Dengan teknik rajut dan renda dapat dihasilkan benda-benda fungsional maupun benda hias. Topi, tas, sarung tangan, kaos kaki, sweeter, adalah sebagian contoh benda rajut yang memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga juga dapat dijadikan pelengkap / assesories busana serta penghias ruangan.

B.        Bahan dan Alat
....
Selanjutnya download Kerajinan Tekstil Teknik Rajut dan Renda

Tidak ada komentar: